Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MATERIAL

LOGAM


Logam ada jenis material padat jika disimpan pada ruang temperatur, kecuali Merkuri yang mana logam ini bersifat cair. Logam sangat tinggi titik lelehnya, bgus untuk dijadikan konduktor panas atau listrik, biasanya kuat dan lunak untuk kemudian dibentuk.


Pembagian Logam


Logam berdasarkan komposisinya dibagi menjadi tiga kelompok :


1. Ferrous Metal
Semua paduan logam yang berisi Besi (Fe) sebagai Paduan Utamanya disebut Ferrous Metal. Jenis Logam ini yang paling banyak digunakan pada struktur pesawat terbang adalah Steel. Steel adalah campuran daripada Besi (Fe) dan ditambahkan sejumlah Karbon (C).

Sekarang kita akan menguraikan macam-macam Ferrous Metal

1) Besi (Iron)

Dalam sistem periodik unsur Besi kita sebut Ferrum disingkat Fe. Besi adalah unsur kimia yang cukup lunak, mudah dibentuk, mempunyai kekenyaalan ketika akan dibentuk. Besi berwarna putih keperakan dan sangat berat. mempunyai massa jenis 7.9 gram / centimeter kubik dan titik leburnya cukup tinggi yaitu 1539 derajat Celcius.Besi jika digabungkan dengan Karbon menjadikan logam keras dan memberikan paduan struktur yang baik.

Besi dituangkan kedalam dapur api untuk dicetak kita kenali dengan sebutan cast iron. cast iron ini normalnya mengandung dua persen lebih karbon dan beberapa silicont. Cast iron bisa digunkan untuk beberapa pesawat karena cast iron lebih kecil kekuatan nya daripada beratnya.

Cast iron digunakan di area engine untuk panel seperti Valve membantu mengurangi porositas dan digunakan untuk tahan panas dengan lubrican film juga digunakan untuk piston ring.

Cast Iron
Komposisi : Besi yang dicampur 2%-4% karbon
Bentuknya : Rapuh, kuat ketika ditekan,
Kegunaan : Ragum, silinder blok untuk mesin mobil, kerangka untuk beberapa mesin.

Cara untuk mengetahui itu jenis Cast Iron :
Penampilannya : Abu-abu dengan butiran kecil dipermukaannya
Dijatuhkan : tidak mengeluarkan bunyi
Digerinda : tidak memancarkan percikan
jika dipanaskan : Tidak berubah

Contoh Produk yang terbuat dari Cast Iron ( Besi tempa)


                                   

2) STEEL 

Untuk membuat steel, besi dicairkan lagi melalui spesial proses di dapur api. oksigen murni yang berperan dalam proses pencairan dimana oksigen murni bergabung dengan karbon dan terjadi pembakaran. selalu diawasi ketika pembakaran sampai kondisi karakteristik yang diinginkan.

Steel adalah paduan besi dan karbon yang mengandung beberapa konsentrasi elemen lain: terdapat ribuan paduan yang memiliki perbedaan komposisi atau pengerasan logam. Sifat mekaniknya sensitif yang terdiri dari Karbon yang normalnya berisi kurang dari 1.0 wt%. Kebanykan Steel diklasifikasikan berdasarkan konsentrasi karbon diantaranya : Low Carbon, Medium Carbon, dan Hight Carbon.

Low Carbon

Steel ini berisi 0.10 sampai 0.30 persen Karbon, tidak resonsif/tidak bisa di heat treatment, pengerasan bisa dilakukan dengan didinginkan. SAE yang equivalent dengan jenis Karbon ini adalah SAE dengan range dari 1010 sampai 1030. Banyak digunakan untuk safety wire, bushing, kemudian bisa di las dan pengerjaan mesin lainnya.

Penggunaan dilapangan bisa kita temukan pada komponen body automobile, bentuk struktur, dan lembaran yang digunakan untuk pipa, bangunan, jembatan.

Medium Carbon 

Steel ini berisi 0.30 sampai 0.50 persen karbon, Steel ini spesial digunakan untuk machining (pengerjaan mesin) dan forging yang mana pengerasan permukaannya bisa disesuaikan dengan keinginan. jenis steel tertentu untuk rod ends dan forging kita menggunkan jenis steel dengan SAE 1035.

High Carbon

Steel ini berisi karbon dengan konsentrasi 0.50 sampai 1.05 persen. Steel ini adalah jenis yang bagus untuk dilakukan pengerasan. ketika pemanasan (heat treatment) yang sangat tinggi maka hasilnya akan sangat keras, dan memiliki sedikit deformasi.

Jenis ini sangat terbatas digunakan untuk pesawat, jenis SAE 1095 bentuk sheet yang digunakan untuk membuat spring,  dan bentuk wire untuk membuat gulungan spring. 

Produk-produk yang dibuat dari Steel

Mild Steel

Komposisi : paduan besi dengan 0.3 % karbon
Sifat benda : lunak, kenyal, dan mudah untuk di bengkok (bending)
Kegunaannya : Nut, screw, tube dan lain-lain

Cara mengetahui benda itu Mild Steel
Penampilannya : tampak terang dan halus, permukaannya terang, mild steel hitam dilindungi oleh oxida yang                            berwarna abu kebiruan.
Dijatuhkan : berbunyi nyaring
Digerinda : menghasilkan pancaran yang berwarna putih
Dipanaskan : sedikit rapuh tetapi mudah dibentuk

Contoh produk yang terbuat dari Mild Steel

  

Tool Steel / Cast Steel / Carbon Steel

Komposisi : paduan besi dengan 0.50 sampai 1.50 persen karbon
Sifat Bahan : Cukup Keras, sangat lentur.
Kegunaan : Spring dan kebanyakan alat-alat kerja, seperti kepala palu, mata bor, pahat, gunting dan lain-lain.


Cara mengetahui benda itu Tool Steel / Cast Steel / Carbon Steel

Penampilannya : mempunyai oxida halus dipermukaanya

Dijatuhkan : memberikan bunyi yang sangat nyaring
Digerinda : menghasilkan cahaya merah
Dipanaskan : menjadi keras dan rapuh

Contoh produk yang terbuat dari Mild Steel





Post a Comment for "MATERIAL"