Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA BALIK NAMA MOTOR

Selamat datang kembali sobat-sobat teknik, admin akan melanjutkan pembahsan mengenai mutasi kendaraan khususnya kendaraan motor. Adapun artikel dibawah ini akan membahas secara detail bagaimana proses tahap mutasi masuk dari luar daerah.

Prosedur dalam langkah Mutasi Masuk dan BBN motor sebagai berikut:

1. Persiapkan dokumen mutasi keluar kendaraan anda, biasanya sudah dalam satu map berisi surat-surat mutasi dan BPKB dan STNK asal. Coba lihat disini cara mutasi keluar kendaran motor

2. Anda harus datang ke SAMSAT Bandung Timur sebagai pusat dimana jika anda akan MUTASI ke Kota Bandung.

3. Setelah tiba di SAMSAT Bandung Timur anda segera mencari petugas CEK Fisik. Setelah itu anda harus ngantri lagi untuk pengesahan cek Fisik.

4. Setelah anda menunggu pengesahan cek fisik anda dokumen mutasi keluar anda didaftarkan ke loket BBN. Setelah itu anda harus menunggu seminggu kemudian untuk mendapatkan kode TNKB baru surat pengantar dari SAMSAT pusat untuk BBN. kemudian anda diberikan surat jalan sementara.

5. Singkat cerita seminggu kemudian anda mengambil berkas mutasi masuk, anda disuruh mendaftar ke SAMSAT terdekat untuk registrasi TNKB, STNK, dan BPKB baru.

6. Karena SAMSAT terdekat sesuai KTP saya, maka saya registrasi motor nya di SAMSAT PAJAJARAN.

7. Anda harus melakukan pendaftaran balik nama motor minta formulir dan harus diisi mulai dari nama pemilik baru dan spesifikasi motor anda. 

8. Fotokopi semua dokumen yang ada didalam MAP, orang fotokopian nya udah paham jadi tinggal bilang aja fotokopi untuk balik nama motor dia sudah paham.

9. Setelah selesai masukkan ke loket pendaftaran BBN untuk verifikasi data.

10. Setelah nama kita di panggil langsung anda masuk ke loket lantai 1 untuk proses pembuatan BPKB baru.

11. Setelah kita mengisi dokumen atau formulir pendaftaran BPKB baru kita disuruh membayar biaya BPKB baru sebesar Rp. 225,000

12. Setelah pembayaran BPKB baru anda melanjutkan ke loket pembuatan STNK 5 tahunan.

13. Semua dokumen di serahkan untuk verifikasi dokumen, kemudian menunggu panggilan untuk nantinya memperoleh nomer urut pembayaran.

14. Setelah mendapatkan nomor urut pembayaran anda menunggu beberapa lama untuk pembayaran STNK 5 tahuna dan BBN. Motor saya total 437.000 itu total semua dari TNKB, BBN, dan pajak .

15. Setelah pembayaran selesai anda kembali ke loket pembayaran BPKB untuk proses pembuatan BPKB baru.

16. Anda diberi waktu 2 minggu untuk mengambil BPKB baru dan diberikan resi pengambilan dan kwitansi pembayaran sebagai bukti nanti pengambilam. Dan selesai

Post a Comment for "CARA BALIK NAMA MOTOR"