Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MEMBUAT GARIS TEGAK LURUS DAN MEMBAGI DUA SUDUT

Pada postingan ini saya selaku admin akan memberikan trik bagaimana membuat garis tegak lurus siku dari sembarang garis tanpa bantuan garis segitiga siku-siku. 

Dalam pembuatan garis tegak lurus ini kita perlu mempersiapkan pensil / ballpoint, penggaris bebas, dan jangka.

Postingan ini juga tidak hanya menjelaskan bagaimana membuat garis tegak lurus saja, tetapi sekaligus menjelaskan bagaimana membagi sudut sama besar.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Buatlah sembarang garis horisontal dan beri nama ujung awal dan akhir garis misalkan A dan B.

2. Buatlah sebuah busur diatas garis horisontal dengan jangka untuk mendapatkan garis perpotongan dengan titik jangka pada titik A.

3. Buat juga sebuah busur diats garis horisontal dengan jangka untuk mendapatkan garis perpotongan dengan titik jangka pada titik B, sehingga didapat titik perpotongan kita beri nama titik C.

4. Kemudian lakukan tahap nomor dua dibawah garis horisontal dengan jangka untuk mendapatkan garis perpotongan dengan titik jangka pada titik A.

5. Kemudian lakukan tahap nomer tiga dibawah garis horisontal dengan jangka untuk mendapatkan garis perpotongan dengan titik jagka pada titik B, sehingga didapat titik perpotongan kita beri nama titik D.

6. Setelah didapat titik C dan D maka kita bisa menarik garis lurus sehingga didapat garis CD.

Itulah bagaimana cara mendapatkan garis tegak lurus dengan menggunakan satu penggaris dan bantuan jangka.

Sesuai dengan judul jika kita perhatikan cara ini juga ternyata bisa sebagai cara membagi dua sudut sama besar. seperti gambar dibawah ini merupakan langkah 1 sampai 6 sehingga didapat sudut 180 derajat dibagi dua menjadi sudut 90 derajat tanpa menggunakan busur derajat.


Post a Comment for "MEMBUAT GARIS TEGAK LURUS DAN MEMBAGI DUA SUDUT"