Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MEMBUAT SEGI LIMA BERATURAN SAMA SISI SECARA MANUAL

Artikel kali ini kita akan membahas dasar-dasar gambar teknik dalam pembuatan gambar segi lima sama sisi secara manual atau hanya menggunakan alat jangka, pensil dan penggaris.

Mari kita langsung saja membahasa langkah-langkahnya sebagai beriku:

1. Tentu kita harus persiapkan jangka, penggaris (diusahakan penggaris segi tiga) kemdian pensil, dan penghapus jika diperlukan.

2. Gambarlah garis silang tegak lurus dengan titik potong ditengah kita misalkan titik sebagai titik pusat lingkaran.

3. Gambarlah lingkaran dengan ukuran disesuaikan dengan titik pusat O berikanlah simbol setiap titik potong garis yang menyinggung lingkaran dengan PQRS.

4. Buatlah busur dengan titik jangka pada titik S sehingga memotong lingkaran dan kita beri tanda T dan U. Tarik garis perpotongan lingkaran sehingga mengahsilkan gari T' dan U' sehingga mengasikan titik potong yaitu O'.

6. Buatlah Lingkrang dengan titik pusat O' sehingga menyinggung titik O dan S.

7. Tarik garis dari titik pusat O' sampai memotong titik R dan kita tandai titik tersebuat dengan R' sehingga didapat garis O'R'. didapatlah garis yang memotong lingkaran dan kita tandai titik V.


8. Buatlah Busur lingkarang dititik R dengan panjang diameter di titk V sehingga menghasilkan titik potong WX.


9. Buatlah titik untuk panjang segilima beraturan dengan jangka patokan nya panjang WX sehingga kita dapat titik S', P', Q'.



10. Setelah didapat titik-titik bentuk segilima kita sambungkan dengan menarik garis W-X, U-S', S'-P', P'-Q' dan Q'-W. Dan Jadilah Segilima Beraturan.





Post a Comment for "CARA MEMBUAT SEGI LIMA BERATURAN SAMA SISI SECARA MANUAL"