Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MENGENAL PROSES PABRIKASI ( MANUFACTURING)


Manufaktur atau Pabrikasi adalah tulang punggung dari berbagai macam industri yang ada, Staf teknik pabrikasi di industri harus mengetahui berbagai macam proses-proses pabrikasi, proses-proses pembuatan material, peralatan kerja dan perlengkapan untuk pabrikasi komponen-komponen atau produk-produk yang beda denga perencanaan yang optimal menggunakan  tindakan pencegahan dan peraturan keselamatan khusus untuk menghindari kecelakaan. Selain itu semua elemen engineer kedepannya harus mengetahui persayaratan kegiatan di bengkel meliputi man, machine, material, method, dan money. Selanjutnya harus mempersiapkan fasilitas-fasilitas bangunan yang dibutuhkan untuk mengatur tamoilan bengkel secara baik dan optimal. Kemudian merencanakan pelayanan pendukung yang seefektif mungkin atau juga lokasi industrinya yang strategis ditambah dengan organisasi manufaktur yang terorganisir.

Untuk pemahaman lebih lengkap tentang dasar proses pabrikasi dan teknik bengkel yang sangat sulit untuk beberapa keahlian tertentu. Maka pembelajaran ini mencakup beberapa kriteria dari pengalaman-pengalaman dan juga dari dasar pengetahuan kerja pada perbedaan-perbedaan material, peralatan, perlengkapan, proses pabrikasi, konsep dasar kontrol elektro mekanikal dari peralatan mesin, kriteria produksi, karakteristik dan kegunaan dari berbagai macam pengeteasan instrumen dan pengukura atau pemeriksaan perkengkapan untuk memeriksa komponen-komponen atau produk-produk pabrikan diberbagai macam bengkel-bengkel pabrikasi di lingkungan industri.

Pembelajaran ini juga menjelaskan dan menunjukkan kegunaan perkakas tangan ( alat pengukuran, alat penanda, alat pegangan, alat pendukung, alat potong, dan lain-lain), perlengkapan-perlengkapan, mesin-mesin, dan berbagai macam metode pabrikasi yang memudahan proses shaping dan forming pada raw material menjadi produk jadi. Pembelajaran ini mencakup mempelajari lingkungan industri yang melibatkan pengetahuan dari praktek ( pengalaman lapangan) mengenai ferrouse dan non ferrouse material, beserta karakteristik dan kegunaannya. 

Pembelajaran ini juga menyediakan materi tentang dasar-dasar proses kerja bengkel yang sering kita namakan kerja bangku dan fitting, sheet metal, pekerjaan kayu, pembuatan pola, pembuatan cetakan, pengecoran logam, pembentukan logam, penempaan, perlakuan panas pada metal, pengelasan, fastening, pengerjaan mesin, pengerjaan akhir permukaan dan coating, pemeriksaan perakitan dan kontrol kualitas. Pembelajaran ini menekankan pada dasar pengetahuan yang berhubungan dengan komposisi, karakteristik, dan kegunaan-kegunaan dari beberapa raw material, berbagai macam proses produksi, mengganti atau revisi nomor dari proses-proses lama, menganalisa desain-desain baru, analisis terhadap ukuran-ukuran yang lebih akurat, metode-metode produksi yang paling cepat, pengerjaan finishing yang lebih baik, berbagai alternatif material dan sistem tool, sistem otomatis kerja dan sistem kontrol angka, mekanisasi lengkap dan output besar.

Post a Comment for "MENGENAL PROSES PABRIKASI ( MANUFACTURING)"