Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGERTIAN METODOLOGI PENELITIAN



1. Pengertian Penelitian

Dalam kamus bahasa inggris Penelitian (Research) adalah "investigasi secara cermat atau spesial penyelidikan berupa mencari fakta-fakta baru didalam berbagai cabang ilmu pengetahuan."Sedangkan menurut Redman dan Mory mendefinisikan penelitian sebagai "upaya yang sistematis untuk mendapatkan pengetahuan baru."Beberapa orang mengartikan penelitian sebagai gerakan, gerakan untuk mencari tahu apa yang tidak diketahui. Termasuk kegiatan penemuan. Kita semua memiliki naluri keingintahuan ketika menghadapi sesuatu yang tidak diketahu, kita akan bertanya-tanya dan keingintahuan kita membuat kita menyelidiki dengan rasa ingin memahami apa yang tidak diketahui. Keingintahuan ini merupakan induk dari pengetahuan dan metode. Orang yang mendapatkan pengetahuan dari yang sebelumnya tidak tahu, bisa diistilahkan "penelitian".

Penelitian dalam dunia akademis dan semisalnya sangat terasa dalam dunia teknik. Menurut Clifford Woody penelitian terdiri dari mendefinisikan dan mendefinisikan ulang masalah-masalah, merumuskan hiptesis-hipotesis atau memberikan solusi-solusi, mengumpulkan, mengatur dan menilai data; membuat penarikan kesimpulan; dan yang terakhir adalah menguji hasil kesimpulan untuk memastikan apakah hasil kesimpulan itu sesuai dengan rumusan-rumusan hipotesis. D.Slesinger dan M.Stephenson dalam ensiklopedia ilmu sosial, mendefinisikan penelitian sebagai "manipulasi benda-benda, konsep-konsep atau simbol-simbol secara umum, mengkoreksi atau memeriksa pengetahuan, apakah pengetahuan itu membantu dalam membangun teori atau praktek dalam seni". jadi, penelitian adalah kontribusi yang sesungguhnya untuk kemajuan pengetahuan. Penelitian merupakan pencarian kebenaran untuk membantu pendidikan, pengamatan, perbandingan dan percobaan. Secara singkat, pencarian pengetahuan melalui metode secara sistematis dan objektif terhadap pencarian solusi dalam penelitian masalah. Seacara umum pendekatan sistematis dan rumusan sebuah teori merupakan penelitian juga. Dengan demikian, istilah penelitian (research) mengacu pada metode sistematis yang berisi pencarian masalah, perumusan hipotesis, mengumpulkan fakta-fakta atau data-data, menganalisis fakta-fakta hingga terdapat kesimpulan tertentu dintara bentuk solusi-solusi yang terfokus pada masalah-masalah genting atau secara umum penelitian dilakukan untuk beberapa rumusan teoritis.

2. Tujuan Penelitian

Tujuan peneliatian secara umum adalah untuk mencari jawaban dari apa saja yang menjadi pertanyaan selama ini melalui langkah-langkah ilmiah. Tujuan utama penelitian itu adalah untuk mencari kebenaran mengenai apa yang selama ini tersembunyi yang tidak ditemukan sebelumnya. Adapun dalam pembelajaran atau studi penelitian memiliki tujuan khusus, diantaranya sebagai berikut:

1) Untuk pendekatan terhadap fenomena yang terjadi atau untuk mendapat wawasan baru dengan penelitian ( kegiatan studi ini dinamakan penelitian eksploratif atau formulatif).

2) Untuk menggambarkan secara akurat karakteristik-karakteristik individu-individu, situasi, atau kelompok ( kegiatan studi ini dinamakan dengan istilah penelitian deskriptif).

3) Untuk menentukan frekuensi sesuatu yang terjadi atau yang semisalnya yang berbaikan dengan yang lainnya. (studi penelitian ini disebut dengan istilah  penelitian diagnostik).

4) Untuk mencoba hipotesis dari hubungan antara variabel-variabel. (kegiatan studi ini dinamakan penelitian percobaan hipotesis).

3. Dorongan Dalam Penelitian

Apa yang membuat orang-orang melakukan penelitian? Pertanyaan ini merupakan alasan yang sangat penting. Berikut adalah dorongan seseorang melakukan penelitian:

1) Berkeinginan untuk mendapat gelar selama penelitan belangsung beserta konsekuensinya.

2) Berkeinginan untuk menghadapi masalah yang belum terpecahkan sebelumnya. 

3) Untuk mengasah intelektual dengan kegiatan yang kreatif.

4) Untuk melayani masayarakat.

5) Berkeinginan untuk mendapatkan kehormatan.

Namun, ini bukan faktor utama penyebab seseorang melakukan peneliatian. Masih banyak lagi faktor selain diatas bisa jadi karena faktor pemerintah, pekerjaan dikantor dan lain-lain.



Post a Comment for "PENGERTIAN METODOLOGI PENELITIAN"