Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KESALAHAN STATIS


Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas secara garis besar tentang jenis-jenis kesalahan yaitu absoute error dan relative error. Untuk postingan kali ini tim admin anak teknik bandung akan membahas secara terperinci mengenai ada beberapa kesalahan selama proses pengukuran diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Static Error 

Kesalahan ini dihasilkan dari sifat fisik berbagai komponen sistem pengukuran. Ada tiga sumber utama kesalahan statis. Kesalahan statis merupakan hasil bagi oleh batas pengukuran ( perbedaan antara batas atas dan batas bawah pengukuran) memberikan hasil pengukuran yang presisi. Kemudian yang termasuk kedalam kesalahan statis ini diantaranya :

a. Reading Error

Kesalahan baca ini khusus terjadi pada peralatan ukur yang dihasilkan dari hasil baca. Kesalahan ini mutlak dari hasil keluaran alat ukur tersebut tidak dipengaruhi oleh jenis kesalahan lain. Kesalahan baca meliputi : Kesalahan paralaks, dan kesalahan interpolasi.

Kesalahan paralaks terjadi karena kemampuan alat ukur tidak mampu membaca terhadap ukuran benda yang diukur. Diantara upaya yang dilakukan untuk mengurangi kesalahan ini yaitu dengan teknik yang relatif sederhana. Misalnya penggunaan cermin dibelakang pointer atau indikator secara virtual mengurangi atau menghilangkan kesalahan paralaks ini. Contoh alat ukur yang pernah kami coba dilapangan adalah compass.

Kesalahan yang termasuk reading error berikutnya juga adalah kesalahan interpolasi yaitu kesalahan yang terjadi karena penyimpangan jarum alat ukur tidak lurusnya mata pandangan dengan alat ukur. Keakuratan dalam membaca alat ukur tergantung bagaimana keakuratan ketebalan jarum terhadap angka ukur yang dihasilkan, untuk menghindari bayang-bayang jarum sehingga mengacaukan pandangan pembaca alat ukur yaitu dengan menambah magnifier diatas skala pointer atau dengan menggunakan sistem pembacaan digital. 

b. Characteristic Error

Kesalahan ini merupakan penyimpangan yang terjadi akibat dari kinerja alat ukurnya atau dari spesifikasi kinerja alat ukur. Dianatara contoh kesalahan jenis ini adalah kesalahan linier, kesalahan histerisis, kesalahan resolusi, dan kesalahan kalibrasi.

c. Loading Error

Kesalahan ini terjadi karena perubahan alat ukur dan bahan yang diukur (maksudnya yaitu adanya perubahan hasil ukuran sebelum diukur dan sesudah diukur). Contohnya adalah ketika mengukur tebal baja ketika sebelum disentuh kemudian dilakukan pengukuran di kondisi sudah disentuh lalu baja tersebut jatuh tentu disini ada deformasi atau perubahan bentuk. Efek ini terjadi dan tidak bisa dihindari. Oleh karena itu kesalahan ini hanya bisa diminimalisir ketika kegiantan holding benda atau pemindahan benda dari gudang ketempat pengukuran dan pemakaian alat ukur yang tidak baik dan benar mengakibatkan kerusakan alat ukur sehingga mengakibatkan penyimpangan alat ukur.

d. Environmental Error

Kesalahan ini terjadi akibat pengaruh dari lingkungan sekitar terhadap pengukuran baik secara alamiah atupun pengaruh manusi secara langsung seperti efek suhu, tekanan, kelembapan, dan lain-lain. Sedangkan Pengaruh luar lainya juga bisa terjadi akibat campur tangan manusia seperti medan magnet atau listrik, radiasi nuklir, getaran atau guncangan dan lain-lain. Contoh ketika mengukur baja dalam kondisi udara dingin dengan kondisi udara panas tentu akan ada penyimpangan hasil pengukuran akibat perbedaan suhu tersebut. Kesalahan ini hanya bisa diminimalisir dengan mengendalikan kondisi seperti rungan khusus untuk metrologi.

Demikin kami jelaskan secara detail namun ringkas mengenai kesalahan statis, kesalahan jenis ini benar-benar terjadi karena kesalahan alat ukur itu sendiri atau benda yang diukur karena beberapa penyebab kesalahan baca, karakteristik alat ukur atau benda, dan kesalahan akibat lingkungan sekitar. Untuk selanjutnya akan dijelaskn jenis kesalahan secara detail berikutnya pada postingan selanjutnya mengenai Dynamic Error. Dukung terus postingan kami silakan dibagikan seluasnya kepada teman-teman teknik yang membutuhkan catatan ringkas dan sederhana ini.

Post a Comment for "KESALAHAN STATIS"