Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Muhammad Bin Abdullah


Nama ini sudah tidak asing lagi, bukan hanya di islam melainkan di dunia. Nama ini diagungkan bukan hanya oleh sederet kaum muslimin yang beriman melainkan oleh orang non muslim sekalipun. Tercatat penulis non islam bernama Michael H.Heart menulis sebuah buku yang berjudul 100 tokoh berpengaruh di dunia, dan penulis pun tidak tanggung-tanggung menjadikan nama beliau nomor 1 di urutan buku karyanya tersebut. 

Dengan latar belakang tersebut, admin melakukan studi khsusus di blog bukan hanya fokus pada dunia teknik saja melainkan ada sisi religinya dalam kehidupan kita sebagai inspirasi dalam menjalani kehidupan. Kembali ke latar belakang tadi, admin melakukan studi khusu dibidang inspirasi juga menempatkan nama beliau di uratan satu pembahasan ini, yang akan kami bahas mengenai beliau dan tokoh-tokoh berikutnya adalah bukan sebuah hitory secara mendetail seluruh kehidupan beliau meliankan dari sisi inspirasi bagaimana konsep berbisnis nya beliau dan seluruh tokoh-tokoh islam yang bergerak dibidang bisnis. Berikut kita langsung menjelaskan bagaimana islam mencontoh berbisnis melalu tokoh yang agung Muhammad Shallallohu a'laihi wasallam.

Kelahiran Muhammad Shallallohu a'laihi wasallam merupakan kelahiran cahaya untuk bumi yang telah gelap dan tenggelam dalam kegelapan bahkan orang-orang baik hanya bisa mengeluh, hanya bisa menunggu, terdiam siapa yang akan memperbaiki keadaan, orang yang baik lelah dengan keaadaan yang ada dan begitu lahir Muhammad Shallallohu a'laihi wasallam yang kelak menjadi nabi terakhir yang memperbaiki, menghadirkan kembali cahaya maka kelahirannya berarti kelahiran cahaya. Muhammad Shallallohu a'laihi wasallam dilahirkan di kota Mekah dalam keadaan yatim dan Al-Quranul Karim adalah sebaik-baik sumber untuk kisah ini. Beliau lahir dalam keadaan yatim, ayahnya meninggal di madinah saat itu dalam tugas abdullah ( ayah nabi) untuk melakukan perjalanan dagang kemudian tersebar berita kepada aminah istri abdullah (ibunya nabi) dan aminah sangat sedih. 

Ini merupakan pelajaran mahal, maka kalau kita tadabburi ketika Alloh Subhaanhu Wata'ala berfirman : " Alam Yajidka yatiiman Faawa" kata Faawa yang artinya adalah dia Alloh memberikan perlindungan kepadamu maka ini menunjukkan bahwa anak yatim itu harus diperlakukan seperti Alloh memperlakukan calon nabi-Nya, dilindungi, dihargai, diasuh, dperhatikan dan seterusnya. itulah sekilah mengenai Kisah Rasulullah yang terlahir sudah Yatim. Sekarang kita akan membahas seputar inspirasi nabi ketika menggembala kambing dan berdagang.

1. Rasulullah Muhammad Shallallohu a'laihi wasallam Menggembala Kambing

Beliau masih dalam asuhan pamannya, kemudian ketika ingin memenuhi kebutuhan beliau karena beliau tidak mendapatkan warisan apa-apa dari Bapaknya. Ketika beliau memasuki usia siap bekerja beliau kemudian memulai mengenal duni gembala kambing bersama saudara-saudara sepersususan  di bani sa'ad, kemudian kembali ke Mekah juga beliau tetap menggembala kambing untuk memenuhi kebutuhan keluarganya dengan upah ( qororit) , qirod sebagian kecil dari dinar kurang lebih 1/2 dari 10 persen (5 persen) dari 1 dinar diukur dalam real 10 Real upah beliah ketika menggembala kambing. Semua Nabi pernah hidup sebagai penggembala kambing. Hikmah Alloh Subhanahu wata'ala kenapa seluruh para Nabi menggembala kambing adalah bahwa ini sebagi bentuk latihan, untuk mengurusi umat manusia yang banyak, sebelum menemui manusi yang banyak maka dilatih terlebih dahulu melalui penggembalaan kambing, sehingga sudah terbiasa. 

2. Rasulullah Muhammad Shallallohu a'laihi wasallam Berdagang

Sifat yang paling mulia dari beliau adalah jujur sehingga orang-orang kafir pun mengakuinya bahwa beliau orang nya jujur sehingga mendapatkan julukan Al Amin. Ketika Nabi Shallallohu a'laihi wasallam beranjak dewasa kemudian beliau berdagang. Beliau dulu berdagang dengan temannya bernama As saif bin Abi Saif beliau adalah teman terbaik dalam berdagang tidak saling menjatuhkan bersaing secara sehat. Selain Nabi seorang yang jujur beliau juga seorang yang menjaga diri. Ini merupakan teladan bagi seorang muslim bahwa sikap jujur sudah beliau contohkan sebelum menjadi Nabi dan Rasul bahkan ketika berdagang. Kejujuran ini merupakan sifat yang mudah lepas oleh para pedagan misalkan aib barang demi keuntungan. Setelah beliau terkenal dengan kejujurannya kemudian beliau terkenal sampai kepada saudagar kaya yaitu Khadijah Binti Khuwalid. Dan Khadijah menawarkan dagangannya kepada Nabi ke negri Syam dengan upah lebih tinggi dari yang lain ditemani maisaroh  budak Khodijah selama perdagangnya untuk besar yang belum pernah didapat sebelumnya, setelah pulang ke Mekah beliau melaporkan keungan kepada Khodijah ini total penjualannya, ini untungnya sesuai dengan perjanjian dan ini labanya tidak ada yang disembunyikan. Sebagai pelajaran bahwa kejujuran membawa keberkahan sebagai contoh bahwa harta yang cukup dan berkah sudah cukup untuk menjadikan kita bertakwa kepada Alloh Subhaanahu Wata'ala.

Post a Comment for "Muhammad Bin Abdullah"