Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisnis Budidaya Ikan Nila


Bismillah, kami selaku admin mempunyai misi tidak hanya ingin membahas teori-teori mengenai dunia teknik, tetapi kami juga ingin berbagi kesempatan kepada teman-teman pembaca setia untuk bisa praktik kedalam dunia bisnis secara nyata. Kami menawarkan kerja sama bisnis dengan teman-teman pembaca silakan jika ingin membuat mitra sendiri, atau mau bekerjasama dengan admin mengenai kemitraan fish farm dan Breeding.

Mungkin untuk lebih mendalami sebelum terjun kedalam dunia bisni ini alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu fish farm dan apa itu breeding. Fish farm dan breeding merupakan kegaiatan perkembangbiakan peternak ikan dari mulai penyapihan indukan, kemudian dihasilkan  pembenihan lanjut ketahap pembibitan untuk siap dipasarkan dan kemudian di rawat ditambak kita hingga siap panen.

Oke sekarang kita langsung kelapangan bagaimana alur bisnis kemitraan ini, nama programnya adalah Program Kemitraan Mahakarya Fish Farm dan Breeding, bagaiaman bisnisnya ? Yaitu Pembesaran benih ikan Nila Nirwana 3, dengan ukuran 2-3 cm dan pihak Mahakarya akan angkat / panen di ukuran 10 - 12 cm, rata-rata pertumbuhan ini dengan kururn waktu kurang lebih 30 sampai dengan 40 hari. Jadi admin tambahkan kita yang akan bergabung mitra perlu menyiapkan tambak sebagai lahan untuk proses pembesaran ikan, kemudian menyiapkan pakan sebagai makan ikan tersebut.

Berikut adalah syarat-syarat dimana kita ingin menjadi mitra :

1. Semua calon atau Mitra Mahakarya Fish Farm & Breeding Wajib membeli bibit ikan Nila Nirwana 3 dari pihak Mahakarya. Dengan benih yang  sudah Mahakarya tentukan dengan ukuran 2-3 cm dengan harga 250 / ekor.

2. Jika sudah mencapai di ukuran 10 - 12 cm. Pihak Mahakarya angkat / panen kembali dengan kurang lebih lebih kurun waktu 30 sampai dengan 40 hari dengan harga 900 / ekor.

Ada keuntungan kurang lebih 650 / ekor kurangi pakan yang teman-teman beli sendiri / ekor dari pembelian benih awal.

Nah, itulah alur bagaimana bisnis ini berjalan, jika teman-teman ingin langsung bergabung bisa menghungi langsung jika ingin mandiri, tetapi jika ingin bekerjasama denga admin maka silakan hubungi via e-mail admin saja ya di anakteknikbandung.info@gmail.com , jika teman-teman ingin langsung ke pihak Mahakarya berikut kami sampaikan kontak dan alamat lengkapnya :

Kontak :
TLP       : 08124116979
WA        : 082320560603

Alamat : Jl. Babakan Tangah RT 02 RW 03 Desa Sukamaju Kec.Baregbeg Kab.Ciamis Jawa Barat

Diatas sudah jelas bagaimana proses bisnisnya bagaimana, kemudian kami juga sudah jelas memberikan kontak dan alamat lengkapnya secara langsung.

Menurut analisis admin bisnis budidaya ikan itu mending dilakukan secara mandiri, kita membeli benih nya kemudian kita rawat dengan baik disiapkan pakan nya juga , kemudian tempatnya untuk budidaya ikan kemudian dipanen ketika ikan sudah minimal ukuran 500 gram. 

Adapun jika teman-teman ingin usaha budidaya Ikan Nila secara mandiri ada hal yang perlu diperhatikan dan disiapkan, diantaranya sebagai berikut :

1. Area 

Jelas ya teman-teman ini hal yang paling mendasar dalam usaha peternakan apapun, area yang dimaksud disini adalah tempat kita beternak berupa kolam / tambak ( balong / sunda)  yang cukup sesuai dengan jumlah ikannya. Kolam tanah adalah jenis kolam ikan yang banyak dipilih selain pembuatannya lebih murah, tetapi juga bisa nantinya ditumbuhi tanaman yang otomatis menjadi pakan alami selama pembudidayaan.

2. Benih Ikan Nila

Ikan nila mampu mencapai dewasa 4 - 5 bulan dan proses perkembangbiakan nya pada umur 1 - 2 tahun. Pada usia 1 tahun rata-rata ikan nila beratnya 1 kg. Dalam proses berkembang biak 1 induk ikan nila mampu menghasilkan 1200 - 1500 larva dalam sekali memijah. Dalam memilih benih ikan diusahakan memilih benih ikan jantan karena pertumbahn ikan jantan 45 % lebih cepat dibandingkan pertumbuhan ikan nila  betina.

3. Penebaran Benih

Kolam yang sudah diisi air sedalam 70 - 80 cm siap untuk ditebari benih Ikan Nila, dalam penebaran ikan Nila perlu diperhatikan bahwa setip 1 meter persegi kolam perbandingannya 15 - 30 ekor. Dengan asumsi per ekornya 10 - 20 gram, dan siap dipanen pada ukuran 300 - 500 gram. Sebelum ditebar harus melalui proses tahapan adaptasi jangan langsung ditebar di kolam.

4. Pertumbuhan Ikan Nila

Pertumbuhan ikan nila tergantung dari suhu dan PH air, pertumbuhan ikan nila banyak dijumpai di alam bebas di dalam air tawar seperti sungai, kolam, dan sebagainya. Suhu yang optimal 20 -30 derajat Celcius dan PH air 7 - 8.

5. Pakan 

Ikan Nila termasuk ikan pemakan segala atau disebut omnivora , pada usia masih benih ikan nila kecil banyak memakan lumut, plankton, dan hewan air lainnya yang kecil. Kemudian setelah ikan cukup besar kira-kira 2-3 cm sudah cukup usia untuk diperikan pakan buatan ( pelet ) yang mengandung kadar protein 25 % relatif lebih murah dibandingkan pakan ikan mas atau ikan lele.

Demikan pemakaran secara singkat peluang bisnis budidaya ikan baik secara mandiri ataupun teman-teman ingin ikut kemitraan, maka silakan teman-teman jadikan tulisa ini sebagai bahan referensi atau bahan pertimbangan untuk berbisnis ikan. Dan insyaalloh kedepannya kami akan membagikan tahapan budidaya ikan secara terperinci.




Post a Comment for "Bisnis Budidaya Ikan Nila"