Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ustman Bin Affan



Siapa yang tidak kenal dengan salah satu 4 dari khulafaurrasyidin, tentunya bagi seorang yang akidahnya benar dan memiliki keimanan yang teguh pasti kenal dengan sosok sahabat Rasululloh ini, beliau ini merupakan salah satu dari 10 sahabat Rasul yang dijamin masuk surga, keterangan ini diucapkan langsung oleh Rasul Agung Muhammad Shallallohu a'laihi wasalllam.

Dari empat khulafaurrasyidin kenapa hanya Ustman bin Affan yang dibahas diblog ini, karena bukan berarti Abu Bakar, Umar, dan Ali dibawah Ustman melainkan kami mengambil aspek bisnis setelah Rasul ternyata Islam sudah mengajarkan bisnis yang baik dan benar. Baik disini maksudnya mereka para sahabat tidak mengabaikan akhiratnya ketika mereka juga sibuk berdagang dan benar disini maksudnya nilai-nilai islam hidup dalam perdagangan yang mereka (para sahabat) lakukan ini. Tidak ada penipuan, tidak ada sengketa, apalagi tidak mempraktikan Riba. 

Sosok Ustman bin Affan Rodhiallohu anhu ini begitu isnpiratif, sebelum neliau diangkat menjadi khalifah, belaiu terdidik dengan sendirinya melalui bisnisnya, bahkan salampai sekarang masih ada baitul mal dengan nama Ustman bin Affan, kemudian bisnis ( perdagangan) yang belaiu praktikan mampu menilai gelagat seseorang terlatih dimana ketika beliau dihadapkan oleh umatnya sehingga sudah mengerti karakter umatnya. Ini adalah sebagai motivasi bahwasanya kita bisa berada dalam kondisi banyak harta tetapi bisa masuk surga seperti sahabt mulya ini.

Berikut adalah hal-hal yang dilakukan selama sahabat Ustman bin Affan yang perlu kita tiru sebai orang beriman.

Lima poin kunci sukses bisnis Ustman Bin Affan Radhiallohu a'anhu :

1. Saya Terjun Langsung

Menangani sendiri, tidak mewakilkan kepada orang lain, beliau langsung yang menangani terjun sendiri terutama di awal-awal bisnisnya. Beliau menangani sendiri sehingga beliau banyak pengalaman yaitu interkasi dengan banyak orang ( pembeli / penjual lain).

2. Menumbuh dan  Mengembangkan Bisnis Sendiri

Beliau mengambil kisah dari Nabi langsung dipraktekan oleh beliau bahwa Keuntungan tidak diambil semuanya tetapi dibagi 3 ; #Sepertiga untuk makan #Sepertiga untuk tambahan modal #Sepertiga untuk Sodaqoh

3. Tidak Meremehkan Keuntugan

Keuntungan sekecil apapun beliau ambil, tidak pernah menunggu untung yang besar, tidak pernah meremehkan sekecil apapun keuntungan. Sahabat Ustman terinspirasi dan mempraktikan sabda Nabi bahwa : Alloh merahmati orang yang lapang saat menjual dan lapang saat membeli. Maknanya adalah kalau anda jualan datang saudara anda, anda butuh uangnya dan saudara anda butuh barangnya terjdilah tawar menawar si penjual mengambil harga tengah-tengah dan si pembeli menyetujui. harga tengah tersebut sudah mendapat keuntungan walaupun untung kecil.

4. Tidak Membeli yang Tua

Maksudnya barang yang dibeli Ustman adalah barang yang baru untuk dijual kembali, melainkan beliau mencari barang yang baru. Hikmahnya adalah Alloh merahmati kepada pedagang yang jujur, memang untuk mendatangkan barang baru perlu modal dan beliau lakukan walaupun dengan margin keuntungan kecil, tetapi belaiu mamapu meraup kekayaan yang luar biasa tanpa menyampingkan ibadah.

5. Jadikan Satu Modal Menjadi Dua Modal

Modal dipecah menjadi 2 : Misalnya punya tanah dijual kapling-kapling misalkan 1 kapling utuh yang harganya 1000 dinar kemudian dijual dengan dibagi 2 kapling tersebut dengan harga masing-masing kapling 750 dinar otomatis ada keuntungan 500 dinar setelah kapling yang dibagi 2 tersebut terjual (ini penjelasan ahli tafsir). Jadi secara nyatnya beliau ketika sudah meraup untung modalnya ini dibagi untuk beberapa bisnis lagi memang resikonya modal dibagi 2 dan memang ini adalah kunci bisnis sahabat Ustman meraup untung walaupun sekecil apapun.

Lima kunci sukses bisnis beliau ini hanya dapat ditiru oleh teman-teman yang benar bisnisnya bebas dari bathil, penipuan, apalagi Riba. Ketika anda gagal dalam usaha jangan salahkan orang yang menjadi inspirasi anda melainkan fokus titik kegagalan kita apa saja dianalisis dan dicarikan solusinya.

Demikian uraian singkat mengenai kunci sukses berbisnis ala sahabat Ustman Bin Affan Radhiallohu 'anhu, dan nantikan kisah inspiratif islam lainnya untuk mengubah mindset hidup kita.

Post a Comment for "Ustman Bin Affan"