Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Abstrak Secara Sederhana


Abstrak adalah intisari dari suatu rangkaian / laporan penelitian / karya tulis ilmiyah termasuk jurnal ini, merupakan bagian penting dari penelitian yang diletakkan di awal laporan hasil penelitian. Abstrak dikatakan penting karena ini merupakan intisari dari keseluruhan laporan, metode penelitian, dan hasil penelitian. Dengan melihat dan membaca abstrak nantinya tergambarkan secara garis besar keseluruhan isi dari penelitian tersebut. Abstrak yang baik terdiri dari beberapa paragraf yang tersusun dari latar belakang masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, dan kesimpulan sebuah penelitian.

 Struktur Abstrak yang baik pada bagian awal /bagian atas, dituliskan : nama penulis, asal perguruan tingginya, judul penelitiannya, jumlah halaman angka romawi ( mulai dari halaman, cover, sampai daftar isi, tabel dan lain-lain), kemudian diakhir paragraf abstrak dituliskan kumpulan kata kunci-kata kunci yang berpengaruh terhadap isi abstrak tersebut. Penulisan abstrak dianjurkan selain menggunakan Bahasa Indonesia, juga bahasa asing, bisa bahasa inggris atau bahasa lain (sesuia ketentuan). Pembuatan abstrak bisa dibuat untuk proposal ( baik tugas akhir maupun skripsi) juga untuk draft atau bahan tugas akhir atau skripsi yang sudah selesai dan lengkap . Karena pada dasarnya abstrak adalah ringkasan dari proposal atau bahasan yang sudah lengkap. Berikut dibawah ini merupakan contoh abstrak jurnal sederhana dalam penelitian admin selama kuliah.

 

DESAIN BLOK LENGKAP ACAK PADA

KECEPATAN POTONG 3 JENIS TOOLS TERHADAP PERBEDAAN TEBAL PLAT 

DI PT DIRGANTARA INDONESIA

Iif Abdullatif1), Risky M. Fauzy2), Sadhani Ali Rizaldi3), Kelvin Aji S4)

1),2),3),4)Program Studi Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

 

Abstrak

Produksi sebuah perusahaan diharuskan seefektif dan seefisien mungkin, bukan hanya untuk memuaskan konsumen melainkan dengan adanya produksi yang baik menandakan bahwa perusahaan tersebut berada pada prosduktifitas yang tinggi. Perkembangan indutsri di era 4.0 ini, memungkinkan bahwa semua produksi di perusahaan harus mengikuti jamannya dimana di era tersebut proses produksi akan selalu serba digital dikontrol oleh komputer bukan hanya kecepatan produksi yang meningkat, melainkan kepresisian dan keakuratan produk yang diproduksi terjamin.

 Industri yang serba digital ini menghadirkan sistem produksi yang modern memabantu manusia dalam produksi, kemudian juga membantu sebuah perusahaan dalam mengendalikan jumlah karyawannya. Industri sekarang harus terjun dalam era globalisasi yang semakin pesat ini sehingga produktifitas terjaga.

Perusahaan dalam melakukan kegiatan produksinya ternyata tidak seluruhnya mengandalakan sumberdaya yang serba digital ini, ada sebagian lini produksi yang masih mengandalkan produksi dengan menggunakan manual dalam produksinya. Dalam penelitian ini kami mengambil studi kasus di PT Dirgantara Indonesia ini bahwa produksi mengandalkan hand forming masih banyak dilakukan untuk membuat atau memperbaiki ­part-part atau komponen pesawat terbang yang mana tidak bisa dilakukan oleh mesin produksi. Maka oleh sebab itu, penelitian dilakukan terhadap kecepatan dalam memotong plat aluminium dengan menggunakan 3 jenis tool yang berbeda diantaranya dengan gunting plat, gergaji besi, dan cutting wheel ( pneumatic cutting ).

 Penelitian ini dilakuan dengan metode desain blok lengkap acak dengan tujuan mencari apakah ada pengaruh jenis tool yang digunakan dalam memotong plat terhadap kecepatan memotong, hasil ini kemudiaan dijadikan tolak ukur untuk memilih tool yang digunakan mana yang paling efektif dalam produksi untuk mencapai produktifitas yang tinggi.

Kata kunci : Desain Blok Lengkap Acak, Industri, Produktifitas, efektif, dan efisien

 


Post a Comment for "Cara Membuat Abstrak Secara Sederhana"