Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Titanium

 


1.      1. Penggunaan Titanium

Titanium (Ti) digunakan dalam banyak variasi baik structural maupun non structural di pesawat terbang. Unmumnya titanium digunakan untuk alsan:

·         Ketahanan korosi yang baik sekali

·         Ringan (weightsaving)

·         Stabil pada temperature tinggi

·         Kekuatan dan ketangguhan yang tinggi (toughness) sedangkan ruang yang tersedia terbatas

·         Compatibility dengan material yang lainnya.

Titanium paduan sangat tahan korosi dan tidak akan berlubang dengan proses korosi. Rata-rata titanium paduan memiliki mass jenis 40% dari baja, karena itu lebih ringan dari baja. Titanium ini dapat menggantikan alumunium bila:

·         Jika dibutuhkan kestabilan temperature yang tinggi

·         Jika menggunakan alumunium membutuhkan komponen yang sangat besar, sedangkan untuk titanium tidak.

·         Jika menggunakan alumunium akan mudah terjadi korosi galvanic (bila kontak dnegan material lain), sedangkan dengan titanium tidak.

·         Bila dioperasikan dengan temperature yang lebih tinggi dari 150 derajat celcius dalam waktu yang lama, karena logam ini tidak mengalami deformasi yang berlebih karena creep serta kekuatannya juga tidak mengalami penurunan yang bebrarti.

2.      2. Pemakaian Titanium

Aspek pemilihan titanium paduan untuk komponen pesawat sangat bervariasi sekali yang didasari atas: kebutuhan sifat dengan meperhatikan biaya fabrikasi dan berat komponen. Alasan pemilihan menggunakan titanium paduan di industry pesawat terbang adalah:

·         Titanium murni (commercially pure=CP)

Titanium jenis ini paling rendah kekuatannya, biasanya digunakan untuk scuff plate dan pneumatic ducts. Titanium murni ini juga banyak digunakan untuk fitting dan clips pada area-area yang potensi korosinya sangat tinggi seperti dekat galley atau lavatory.

·         Ti-3Al-2,5V

Titanium ini biasanya digunakan untuk high pressure hydraulic tubing, yang sebelumnya digunakan stainless steel tubing (karena stainless steel relative lebih berat)

·         Ti6Al-4V

Titanium jenis ini paling banyak digunakan karena titanium paduan ini heat treatable. Titanium ini banyak digunakan pada: winshield frame, floor support structure, landing gear beam, structural fitting, fastener, dan hydraulic fitting.

·         Ti-6Al-6v-2Sn

Titanium ini memiliki kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan titanium sebelumnya, dan masa yang lebih rendah. Titanium ini digunakan pada fittings landing gear dan area wing, disamping itu juga banyak digunakan dalam flap support structure.

·         Ti-10V-2Fe-3Al

Titanium ini merupakan paduan yang relative baru dan kekuatannya lebih tinggi dari dua jenis titanium sebelum ini. Titanium jenis ini digunakan pada trunnion bearing housing, auxiliary slat tracks, door hinges dan akan digunakan pada overwing nacelle fitting. Karena kekuatan titanium ini lebih tinggi maka materials ini menawarkan more weight saving. Bentuk forgingnya hampir presisi disebabkan titanium ini menunjukkan perbaikan sifat forgingnya pada temperature rendah.

·         Ti-13V-11Cr-3Al

Titanium paduan ini biasanya digunakan sebagai spring, karena paduan ini meliki modulus elastisitas yang rendah dan pengurangan massanya hampir mencapai 70% dibandingkan dengan baja.

3.      3. Penanganan Pada Paduan Titanium

Bila tijinjau dari aspek harga, titanium paduan harganya 100 sampai 200 kali harga baja karbon, sedangkan baja tahan karat (stainless steel) harganya sekitar 10 kali dari harga baja karbon. Akan tetapi titanium sangat sedikit masalah dalam perbaikannya. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memproses titanium yakni:

a)      Stress Relieve setelah cold-forming atau straightening

Straightening pada titanium paduan dapat menurutkan yiels strength karena terjadinya fenomena metallurgi yang dapat menyebabkan high residual stress. Oleh sebab itu harus dilakukan stress relieving untuk menghilangkan pengaruh ini dan memperbaiki sifat dasar titanium. Stress relieving ini tidak diperlukan untuk titanium murni.

 

 

        

Post a Comment for "Manfaat Titanium "